PROFIL PERUSAHAAN



Sejarah Berdirinya DB3

Website atau situs  dengan nama Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3) dirintis pembuatannya disebuah Desa di Kabupaten Pangkep (Pangkaje'ne Kepulauan), Sulawesi Selatan pada akhir tahun 2010 dan launching pada tahun 2011, yang kegiatannya hanya ditujukan untuk masyarakat di kota Bandung saja. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini belum membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan (belum ada transaksi bisnis), karena tujuan utama pembuatannya adalah bekerja sambil belajar membuat website. Walaupun demikian, situs ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat pengguna maupun para pedagang bahan bangunan online. 

Setelah pensiun pada tanggal 01 Desember 2013, dan pada bulan April,tahun 2014 saya kembali ke Bandung untuk persiapan menetap. Sejak bulan Juli tahun 2014 setelah keluarga berkumpul di Bandung, maka saya mulai memberikan perhatian penuh kepada pengelolaan situs Dunia Bahan Bangunan Bandung dan mulai melakukan perbaikan-perbaikan, meliputi penataan kelompok kegiatan, bahan dan jasa yang dijual serta harga.   

Perbaikan ini saya lakukan dengan tanpa mengenal lelah, disamping itu saya juga mencari toko atau orang pribadi yang mau saya ajak kerjasama memasarkan atau memberi informasi dari produk yang mereka miliki untuk saya entry ke dalam situs.  Itulah yang saya lakukan secara terus menerus terhadap situs Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3). Sampai saat ini saya masih terus mencari rekan bisnis yang percaya kepada kami untuk memasarkan produk dan jasa mereka melalui situs Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3). 

Pembentukan Kantor Perwakilan dan Ruang Pamer

Pada waktu website ini dirintis, Bisnis Online bahan dan jasa bangunan masih belum menjadi budaya masyarakat Jawa Barat khususnya dan masyarakat di Indonesia pada umumnya. Disamping pengetahuan tentang bisnis online itu sendiri yang belum memadai, juga dikarenakan adanya modus penipuan yang dilakukan oleh segelintir pemilik situs. Profil penjual yang tidak jelas, Alamat Kantor, data yang tidak update serta tempat berjualan secara fisik (Toko), masih selalu menjadi bahan pertanyaan dari calon konsumen. Menyadari akan phenomena tersebut, maka pada bulan Mei 2014, kami menetapkan Alamat kantor Perwakilan DB3 berada di Jl. Cijagra II, Buah Batu, Bandung.


Penghargaan

Pada tanggal 6 Maret 2015, situs Dunia Bahan Bangunan Bandung mendapat penghargaan dari Pusat Penghargaan Indonesia untuk menerima penganugerahan Indonesia Business Award Winner 2015 sebagai penerima penghargaan “Leading in Quality Product & Service”. Dengan adanya penilaian dari lembaga resmi yang ada di Indonesia, kami berharap Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3) semakin dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Harapan dan keinginan kami adalah :
  1. Masyarakat mendapat Informasi seputar harga jasa bangunan dan material bangunan terkini
  2. Dipercaya oleh masyarakat sebagai situs yang dapat diandalkan untuk pemesanan jasa bangunan dan material bangunan, serta
  3. Diikutkan dalam pelaksanaan tender pengadaan jasa bangunan dan material bangunan yang dilakukan oleh badan swasta maupun pemerintah.
Visi dan Misi DB3

Visi Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3) adalah menjadi peniaga online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Untuk mewujudkan impian tersebut, maka perusahaan akan melakukan kegiatan yang merupakan misi perusahaan, yaitu :


Misi DB3

  1. Berusaha sekuat tenaga untuk mematuhi peraturan perusahaan dan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam berniaga.
  2. Menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar perusahaan dan membina karyawan sehingga memiliki keterampilan sesuai bidang pekerjaannya, memiliki etos kerja yang baik serta berintegritas
  3. Menciptakan situs baru sesuai keinginan masyarakat dan menyempurnakan secara terus menerus situs yang sudah ada
  4. Menyewa atau Membangun tempat berjualan (depo/toko/showroom) diberbagai daerah secara mandiri dan atau menjalin kerja sama dengan pihak lain, sehingga layanan kami dapat menjangkau seluruh konsumen dengan mutu barang sesuai standar, pelayanan prima serta harga bersaing
  5. Peduli kepada lingkungan dan masyarakat sekitar perusahaan serta berharap menjadi motor dalam pembangunan yang berwawasan ekonomi dan lingkungan.
Organisasi

DB3 dengan situs Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3) merupakan usaha yang baru dan mulai tumbuh serta diharapkan akan terus berkembang dikemudian hari. Organisasi usaha ke depan masih perlu disesuaikan dengan perkembangan perusahaan.

Dalam bidang jasa bangunan, DB3 menjalin kerjasama dengan mitra kerja yang sudah memiliki tenaga terampil dan berpengalaman dalam bidangnya seperti Jasa Arsitektur, Pekerjaan Pembesian, Instalasi Listrik, Pembuatan Sumur Bor, Pekerjaan Lantai Teraso Cor, Renovasi dan pembangunan rumah tinggal. Sedangkan dalam pengadaan material bahan bangunan, DB3 bekerja sama secara langsung dengan fabrikan, distributor agen penyedia bahan bangunan serta toko bahan bangunan.

DB3 tidak hanya melayani konsumen umum, akan tetapi juga melayani permintaan barang atau jasa untuk industri, seperti suku cadang pabrik, pengadaan material yang dibutuhkan oleh industri, kontraktor bangunan dan lain sebagainya. Agar impian tersebut bisa diwujudkan, maka dalam waktu dekat kami akan membentuk perusahaan yang begerak dalam bidang suku cadang dan material pabrik.

Pada tahun 2016, kami telah mengeluarkan beberapa situs internet yang berhubungan dengan :

1. Hobi tanaman hidroponik melalui
    situs bisnistanamanhidroponikbandung.blogspot.com
2. Suku cadang industri melalui situs sukucadangmesinpabrik.blogspot.com

Dan kami akan terus berupaya untuk merintis usaha bahan bangunan offline melalui toko atau tempat display barang di Kotamadya Bandung dan sekitarnya. 

Kami berharap disuatu saat nanti, DB3 dapat ikut berpartisipasi dalam program e-proc yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah maupun perusahaan negara dan swasta.




Salam DB3





H. MS Malin Ameh