KERJASAMA BISNIS ONLINE DB3



Dengan hormat,

Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3) menawarakan “Kerjasama Bisnis Online” kepada Juragan pemilik usaha yang memproduksi Jasa Bangunan dan Bahan atau Material Bangunan serta produk lain yang berhubungan dengan industri jasa dan pabrikasi.

Mengapa tawaran kerjasama bisnis online ini perlu ? Mari kita perhatikan fakta berikut ini :

Dengan jumlah penduduk sekitar 200 juta, tak salah apabila Indonesia sering disebut sebagai pasar potensial digital. Sebab, sampai saat ini sudah ada sekitar 88,1 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Jumlah itu pun diperkirakan dapat terus bertambah.
Selain itu, fakta lain yang juga menarik adalah televisi di Indonesia mengalami penurunan rata-rata waktu tonton. Hal ini juga tak lepas dari pengguna internet di Indonesia yang lebih sering mengakses internet. 
Fakta-fakta tersebut merupakan salah satu data yang berhasil dihimpun dari pengguna internet di Indonesia. 
Untuk mengetahui fakta lain dari pengguna internet di Indonesia, berikut tim Tekno Liputan6.com berikan 3 fakta seputar pengguna internet yang dikutip dari laman We Are Social, Minggu (14/2/2016).
1. Pengguna internet di Indonesia terus naik
Menjadi negara dengan penduduk yang makin melek teknologi, ternyata mendorong pula bertambahnya pengguna internet di Indonesia. 
Berdasarkan data yang dihimpun We Are Social, ada kenaikan pengguna internet di Indonesia selama setahun, mulai Januari 2015 sampai Januari 2016, yakni sekitar 15 persen.
Kenaikan jumlah pengguna internet tersebut juga berimbas pada pengguna media sosial yang kian banyak. Meskipun tak sebanyak kenaikan pengguna internet, pengguna media sosial yang aktif bertambah sekitar 10 persen dari Januari tahun lalu. 
Selain itu, pengguna media sosial di perangkat mobile pun turut naik sampai 6 persen dari tahun sebelumnya
Sementara itu, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sampai saat ini pengguna internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta. Dan, 48 persen di antaranya merupakan pengguna internet harian.
2. Lebih sering akses internet ketimbang televisi
Jumlah pengguna internet yang semakin bertambah, sedikit banyak juga berpengaruh pada waktu akses internet di Tanah Air. 
Berdasarkan data dari We Are Social, setidaknya pengguna internet menghabiskan rata-rata sekitar 4 jam 42 menit untuk mengakses internet di PC atau tablet dalam sehari.
Sementara untuk pengguna ponsel, rata-rata waktu yang digunakan lebih sedikit ketimbang di PC atau tablet. Sebab, pengguna ponsel hanya menghabiskan rata-rata 3 jam 33 menit untuk mengakses internet dalam sehari.
Dari data tersebut juga terlihat bahwa popularitas televisi di Indonesia sedikit tergusur. Dengan rata-rata pengguna hanya menonton televisi 2 jam 22 menit per hari. Jumlah ini jelas lebih sedikit dibandingkan waktu pengguna internet mengakses layanan internet. 
Bahkan, jumlah rata-rata waktu menonton TV ini masih di bawah rata-rata waktu yang dihabiskan saat mengakses media sosial.
Pengguna di Indonesia diketahui rata-rata menggunakan waktunya sekitar 2 jam 51 menit per hari untuk mengakses media sosial. Perhitungan ini dilakukan pada akses media sosial dari perangkat apa pun.
3. Aktif di media sosial

Dengan jumlah pengguna aktif internet sekitar 88,1 juta, berbanding lurus dengan jumlah pengguna media sosial saat ini. Dipaparkan We are Social, ada sekitar 79 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia.
Bila dibandingkan dengan keseluruhan jumlah penduduk, ada sekitar 30 persen penduduk Indonesia yang menjadi pengguna aktif media sosial. 
Sementara itu, jumlah pengguna yang mengakses media sosial melalui perangkat mobile ada sekitar 66 juta orang.
Untuk aplikasi chatting, BBM masih menjadi aplikasi favorit yang digunakan oleh penduduk Indonesia. Lalu, disusul aplikasi yang dimiliki Facebook, yakni WhatsApp dan Facebook Messenger, di urutan kedua dan ketiga.
Sementara untuk layanan media sosial, Facebook masih menjadi layanan nomor satu yang memiliki pengguna paling aktif di Indonesia. Facebook berhasil mengungguli media sosial Google Plus dan Twitter

Persaingan Bisnis

Maraknya persaingan antar perusahaan terutama yang memiiiki produk sejenis pada zaman internet sekarang ini, memaksa setiap perusahaan baik perusahaan kecil, menengah maupun perusahaan besar untuk mampu memuaskan kebutuhan para pelanggannya. Berbagai cara diupayakan untuk meningkatkan daya jual dari produk-produk mereka dengan satu tujuan untuk tetap terus bertahan dan berkembang di masa datang.

Informasi terhadap produk yang lengkap dan jelas, kualitas produk yang teruji, maka perusahaan juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan seperti kecepatan pelayanan, ketepatan terhadap informasi dan ketersediaan produk serta efisien dan praktis yang kesemuanya bertujuan untuk memuaskan pelanggan. Jika perusahaan tidak mampu memberikan pelayanan yang memuaskan, maka tidak mustahil pelanggan lama akan hengkang dan pelanggan baru akan sulit terjaring. Akibatnya, lambat laun perusahaan mengalami kesulitan untuk tetap mempertahankan keberadaannya.

Salah satu strategi untuk memberikan pelayanan terbaik kapada pelanggan dan yang tersedia saat ini adalah penerapan pemasaran melalui internet sebagai fungsi terintegrasi dari pemasaran, penjualan dan pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, dan tentu saja yang lebih utama adalah untuk mendapatkan pelanggan baru Serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Era perkembangan teknologi Internet sekarang ini dianggap sebagai sebuah parameter kemajuan seseorang, perusahaan atau bahkan sebuah bangsa. Seseorang di anggap GAPTEK (Gagap teknologi) bila tidak memiliki alamat email, seseorang dianggap Gaptek jika tidak mengetahui whatsapp, bbm, twitter, G+ dan facebook. Dan tidak lama lagi, seseorang akan dianggap kuno jika bila tidak memiliki blog pribadi. Bisa jadi saat ini sebuah bangsa atau negara dianggap maju atau terbelakang berdasarkan ukuran seberapa besar populasi pengguna internet di dalam negara tersebut

Pemasaran Melalui Internet

Internet merupakan suatu alat aplikasi teknologi computer yang dipergunakan oleh seseorang untuk berkomunikasi secara secara online dengan orang lain. Pada saat si pengguna internet telah terkoneksi dengan jaringan internet yang ada, maka mereka akan memanfaatkan teknologi ini untuk mencari informasi terhadap kebutuhannya, memberitahu orang lain terhadap kemampuannya, serta memperkenalkan produk atau jasa yang dihasilkannya kepada komunitas pengguna internet di seluruh dunia.

Memperkenalkan atau mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan kepada orang lain atau calon pelanggan atau pelanggan, maka kegiatan ini bisa dianggap sebagai kegiatan Pemasaran Melalui Internet atau Pemasaran secara online.

Pemasaran secara online dapat diartikan sebagai suatu usaha perorangan atau organisasi atau perusahaan untuk mempromosikan produk barang atau jasa yang mereka miliki kepada orang lain

Pemasaran secara online sekarang sudah sangat populer di Indonesia, setiap orang apakah dia seorang pelajar, ibu rumah tangga, manager perusahaan, pejabat negara atau siapa saja yang sudah mulai mengetahui kegiatan online (walaupun masih pemula) akan selalu pergi online (menggunakan internet) untuk mencari kebtuhannya.

Bagi seorang pebisnis, kegiatan online mereka lakukan untuk melihat :
  • Informasi terkini tentang situasi pasar terbaru
  • Mengintip kegiatan promosi yang dialkukan kompetitor
Informasi yang diperoleh, mereka gunakan untuk menyusun strategi pemasaran bagi usahanya.

Teknologi internet telah membuat segalanya menjadi lebih mudah, untuk mendapatkan infomrasi cukup dengan KLIK, maka seseorang akan diantar kepada apa yang mereka cari dan butuhkan serta menghadirkan penjual pada apa yang mereka jual kepada orang yang tepat.

Konsep Pemasaran Online

Apapun bentuk bisnis Anda,  pasti membutuhkan penjualan agar tetap survive. e-bisnis sendiri dalam website tersebut di definisikan sebagai proses bisnis yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mencapai perubahan dan pertumbuhan bagi perusahaan.

Salah satu bagian yang diberikan diantaranya melalui online marketing guna memperoleh pelanggan dan meningkatkan pelayanan pada pelanggan yang telah ada (existing customer). Dalam hal ini teknik yang dilakukan adalah menggunakan website e-commerce untuk menarik pelanggan potensial dan membuat mereka datang kembali.

Tentang teknik apa yang akan dijalani, email marketing, sms (short massages services) marketing, mempromosikan website, iklan dan sponsorship, community building, promosi penjualan, bagaimana memasarkan produk dan jasa pada web merupakan beberapa subjek yang penting diketahui oleh pebisnis online.
  • Email marketing merupakan cara cepat dan fleksibel untuk menyampaikan pesan pemasaran dalam bentuk newsletters atau penawaran khusus
  • SMS/BBM/Whatsapp/Twitter marketing telah digunakan sebagai salah satu peralatan untuk mengirim Informasi kepada seseorang atau sekelompok orang secara cepat dan nyaman.
  • Mempromosikan web bisa melalui direct navigation dengan jalan mengikutsertakan nama web pada bahan-bahan cetak seperti business card dan surat.
  • Menyertakan alamat website pada email footers, iklan online atau membuka forum diskusi online sehingga orang tertarik membuka web.
  • Membentuk komunitas di media sosial
  • Memanfaatkan search engines.

Pemasaran Online 

Berbeda dengan pemasaran didunia nyata yang masih dibatasi dengan batas geografi dan ketentuan-ketentuan yang merumitkan. Pemasaran melalui internet sangatlah beda. Berikut karakteristik-karakteristik pemasaran Online. 

Transaksi tanpa batas 

Dengan internet setiap orang / pengusaha dapat memasarkan produk dan jasa secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line. 

Transaksi Tanpa Harus Ketemu 

Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit. 

Produk digital dan non digital 

Produk-produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya. 

Produk barang tak berwujud 

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.

Alasan Utama Mengapa Internet Sangat Tepat Sebagai Wahana Pemasaran 
  • Online 24 Jam
  • Jangkauan pasar yang luas
  • Mengangkat Citra Perusahaan atau Organisasi
  • Biaya Pemasaran yang Lebih Efektif dan Efesien
  • Memposisikan Perusahaan atau Bisnis Di Masa Depan
  • Mepermudah Dalam Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan
  • Sistem Otomatisasi yang Responsif
Pengaruh Internet terhadap Pemasaran

Perkembangan teknologi dizaman ini tak dipungkiri telah membawa perubahan diberbagai bidang pekerjaan bahkan mempengaruhi gaya hidup. Dalam suatu usaha pemasaran, keberadaan internet dapat mempengaruhi beberapa komponen dari usaha pemasaran antara lain sebagai berikut :
  • Biaya relatif efisien
  • Kinerja Pemasar atau Perusahaan / organisasi lebih tinggi karena jangkauan pasar yang luas
  • Produk yang dipasarkan beraneka ragam
  • Menciptakan lingkungan yang bersih (tanpa menggunakan bahan bakar minyak)
  • Promosi lebih efektif
  • Dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli.

Pengalaman Berbisnis Online

Saya akan berbagi pengalaman dalam berbisnis online kepada pembaca di dunia maya. Yang akan saya sampaikan berikut ini bukanlah teori, tetapi kenyataan yang saya hadapi dilapangan dalam menggeluti bisnis online.

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan sebelumnya (lihat menu di home / pemilik situs / profil usaha) bahwa usaha ini efektif berjalan kurang lebih 2 (dua) tahun. Pada awalnya, hampir 98% produk yang terdapat di dalam situs web adalah produk yang saya posting begitu saja atau copy paste produk orang lain. Jika ada yang bertanya tentang produk tersebut, maka pertanyaan pertama adalah “Apakah harga yang di posting adalah harga terkini ?”. Pertanyaan ini tentu wajar-wajar saja mereka ajukan, karena harga yang tercantum terkadang terlalu mahal dan terkadang terlalu murah.
Kenapa demikian ? Karena harga yang saya cantumkan adalah harga dari toko pengecer, tentu saja harganya lebih tinggi daripada toko. Dan ada juga harga yang terlalu rendah, karena mutu barang yang saya posting spesifikasinya tidak saya ketahui dengan jelas.

Berkat kemauan dan komunikasi yang terjalin baik dengan pemilik toko, maka lama kelamaan saya mendapatkan informasi detail tentang produk yang mereka jual dan mendapat keringanan harga dibandingkan pembeli lain yang setara.

Karena kemauan untuk selalu melakukan perbaikan terhadap isi web, maka website Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3) semakin mudah ditemukan oleh calon pelanggan dan pada akhirnya, saya mulai dikunjungi oleh pemilik perusahaan atau pemilik jasa dan mereka memberi saya peluang untuk bekerjasama memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki. Dan belakangan ini bahkan beberapa perusahaan yang sudah memiliki nama baik di Jawa Barat, DKI Jakarta maupun di tingkat nasional mulai memberi peluang lebih kepada Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3).

Dengan semakin bertambahnya produk dan jasa yang dipasarkan, maka DB3 membentuk tim pemasaran free lance bagi hasil (karena kami belum bisa memberikan penghasilan tetap kepada mereka) untuk menjual produk ke toko dan perusahaan yang dianggap membutuhkan. 

Beberapa kejadian menarik dapat kami sampaikan, antara lain adalah banyaknya jenis barang yang sama dengan merek berbeda ditawarkan kepada pemilik toko, sehiingga mereka kebingungan untuk menempatkan barang tersebut di dalam toko atau gudang mereka.

Anda bisa bayangkan, di kota-kota besar umumnya luas toko relatif kecil sehingga ruang untuk menyimpan barang terutama yang berukuran besar seperti Penampung Air (toren), Semen, Besi, Bata Merah dll., hampir-hampir tidak tersedia. Ha ini harus dicarikan solusinya, agar tidak mengganggu ruang toko mereka.

Pengalaman lain lagi adalah sales yang berkunjung ke DB3 untuk menjelaskan produk yang mereka tawarkan tidak menguasai dengan baik produk yang mereka jual, penggunaan bahasa yang kurang menarik calon pembeli, penampilan yang kurang meyakinkan dan lain sebagainya.

Mereka datang dari tempat cukup jauh tapi tidak memperoleh hasil maksimal. Tentu saja ini adalah kesia-siaan belaka dan sangat merugikan diri mereka sendiri dan perusahaannya.

Saya beranggapan, bahwa pemasaran door to door sudah tidak se efektif dan se efisien seperti zaman dulu lagi. Pemilik usaha secara perlahan-lahan atau cepat harus memanfaatkan teknologi iinternet secara maksimal (tidak harus meninggalkan 100% cara pemasaran lama). Dengan teknologi internet beberapa kelemahan di atas sebahagian besar dapat dikurangi.

Ilustrasi Penyederhaan Saluran Marketing



Perhatikan gambar di atas. Sebagai contoh sebuah perusahaan Manufaktur atau Jasa berlokasi di suatu tempat. Untuk meningkatkan jumlah penjualan, mereka membuka kantor cabang di beberapa kota utama dan menugaskan staf pemasaran atau penjualan untuk berkeliling memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan.
Apakah Staf pemasaran yang ditugaskan berhasil dengan misi yang diberikan kepada mereka ? Cara berbicara yang kurang lancar, gaya bahasa yang sedikit di atas pembeli (maaf ... sedikit arogan), atau penampilan yang kurang menarik dll., yang mungkin dapat berdampak buruk yaitu menurunnya tingkat penjualan perusahaan.
Disamping itu, coba Anda bayangkan ..... berapa biaya yang dikeluarkan untuk menyewa sebuah kantor atau gedung, gaji karyawan, biaya perjalanan tenaga pemasar dll., untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka hasilkan dan fasilitas pendukung lainnya.
Pola seperti ini mungkin sudah tidak efektif lagi, pemilik atau pimpinan perusahaan harus mencari terobosan baru untuk menekan biaya dan meningkatkan volume penjualan. Jika tidak, dikhawatirkan perusahaan tersebut akan tinggal menjadi sejarah masa lalu.

Jika pola di atas di sederhanakan seperti gambar di bawah ini, kemungkinan terjadi pengurangan biaya pemasaran dan diharapkan terjadi peningkatan volume penjualan. Pola ini tentu saja masih perlu pembahasan lebih rinci oleh produsen, agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan.



Pendapatan Masyarakat
Berdasarkan data Bank Dunia, jumlah penduduk dengan pendapatan kelas menengah pada tahun 2010 sudah mencapai 134 juta jiwa. Salah satu akibat yang ditimbulkan adalah meningkatnya masyarakat pengguna kendaraan bermotor dan dampaknya membuat jalan raya di kota-kota besar di Indonesia semakin padat.

Disinilah peran pentingnya Kerjasama Bisnis online. Beberapa keunggulan pemasaran melalui internet atau penjualan online, antara lain :
  1. Tidak memerlukan tenaga pemasaran yang banyak (efisien dan efektif)
  2. Perusahaan tidak memerlukan kantor pemasaran disetiap wilayah pasarnya
  3. Mampu menjangkau pelanggan sampai ke pelosok terpencil sekalipun
  4. Biaya iklan dan promosi relatif murah
  5. Pembeli tidak membuang banyak waktu dijalanan untuk memperoleh produk yang diinginkan
  6. Pembeli tidak perlu meninggalkan pekerjaannya untuk mencari produk yang dibutuhkan (kerugian jam kerja bagi pemilik perusahaan)
  7. Biaya distribusi dan transportasi kemungkinan bisa di tekan
  8. Tenaga Penjual sebahagian sudah disiapkan oleh pengelola jasa bisnis online, dll

PELUANG DB3 MEMASARKAN SECARA ONLINE

Situs Dunia Bahan Bangunan Bandung yang kami kelola cukup familiar dengan Mesin Pencari Google (Google Search Engine). Dengan menggunakan kata kunci tertentu, maka situs Dunia Bahan Bangunan Bandung berada di halaman 1. Jika suatu situs web berada di halaman 1 pada mesin pencari Google, maka hal tersebut bisa dikatakan ada peluang bisnis disana. Peluang inilah yang kami tawarkan kepada pemilik jasa dan pemiik material bahan bangunan.

Beberapa kata kunci yang bersifat umum dapat kami perlihatkan posisinya kepada calon pelanggan kami yang kami lakukan per tanggal 27 Mei 2016, seperti tabel di bawah ini.






No
Kata Kunci Umum
Bahasa
Hasil
Posisi
1
Grass Block
Inggeris
73.200.000
Halaman 1
2
Scaffolding
Inggeris
30.300.000
Halaman 1
3
Grease Trap
Inggeris
4.390.000
Halaman 1
4
U-Ditch
Inggeris
750.000
Halaman 1
5
Septic Tank Bio
Inggeris
430.000
Halaman 1
6
Pipa
Indonesia
23.900.000
Halaman 1
7
Papan
Indonesia
795.000
Halaman 1
8
Pasir Pasang
Indonesia
427.000
Halaman 1
9
Kawat Beton
Indonesia
412.000
Halaman 1
10
Teraso
Indonesia
403.000
Halaman 1
11
Ornamen Pagar
Indonesia
378.000
Halaman 1
12
Conblock
Indonesia
113.000
Halaman 1
13
Gerobak Sorong
Indonesia
74.200
Halaman 1
14
Bata Ekspos
Indonesia
65.100
Halaman 1

Dst ............




Jika kata dibelakang kata kunci ditambahkan kata Bandung, maka akan terlihat hasil pencarian oleh Google sebagai berikut :


No
Kata Kunci Umum
Bahasa
Hasil
Posisi
1
Batu Kali Bandung
Indonesia
675.000
Halaman 1
2
Pasir Bandung
Indonesia
603.000
Halaman 1
3
Semen Bandung
Indonesia
392.000
Halaman 1
4
Mortar Bandung
Indonesia
210.000
Halaman 1
5
Paku Bandung
Indonesia
520.000
Halaman 1
6
Bata Merah Bandung
Indonesia
371.000
Halaman 1
7
Batako Bandung
Indonesia
222.000
Halaman 1
8
Wiremesh Bandung
Indonesia
125.000
Halaman 1
9
Atap Genteng Bandung
Indonesia
555.000
Halaman 1
10
Genteng Beton Bandung
Indonesia
374.000
Halaman 1
11
Atap Metal Bandung
Indonesia
354.000
Halaman 1
12
Gravel Badung
Indonesia
149.000
Halaman 1
13
Tangki Air Bandung
Indonesia
331.000
Halaman 1
14
Bak Air Bandung
Indonesia
603.000
Halaman 1

Dst ............




Begitu juga jika kata kunci di buat lebih spesifik seperti nama produk, maka hasil yang diperoleh akan lebih banyak lagi.

Posisi Dunia Bahan Bangunan Bandung di mesin pencari Google inilah yang saya tawarkan kepada Pemilik Toko Bangunan yang masih memerlukan pelanggan serta Pemilik Perusahaan Jasa dan atau Manufaktur yang masih perlu memperluas daerah pasarnya.

Tentu Anda berfikir, berapa biaya yang ditimbulkan oleh kegiatan ini ? Tidak usah khawatir dengan biaya karena Dunia Bahan Bangunan Bandung tidak meminta biaya sepeserpun kepada Anda. Jadi tidak ada ruginya kan ? Karena yang kami butuhkan adalah kerjasama yang saling menguntungkan. Anda punya dan menyediakan barang sesuai spesifikasi dengan harga tertentu (sudah atau belum termasuk ongkos kirim), kemudian kami beli secara tunai (cash) dan selanjutnya adalah urusan kami. Mudah kan ? Untuk lebih jelasnya kerjasama ini bisa dituangkan ke dalam kontrak kerja (jika diperlukan) dan kami siap mendiskusikannya.


Sekali lagi tawaran ini kami tujukan kepada Calon Pelanggan yang omzet penjualannya (Distributor, Toko maupun pabrik) belum seperti yang diharapkan dan atau yang masih ingin melakukan perluasan pasar dan tidak terbatas pada usaha yang berada di Bandung saja, tetapi dimanapun usaha Anda berada di seluruh Indonesia.

Sudah saatnya pemilik usaha atau industri memanfaatkan jasa pebisnis online untuk melakukan Kerjsama Bisnis Online dan membina mereka dalam upaya memajukan perusahaan penghasil jasa dan barang, karena bisnis online menjanjikan prospek terhadap penekanan biaya produksi serta meningkatkan penjualan perusahaan.

Penutup

Semoga tulisan singkat ini bisa memotivasi Pemilik, para pimpinan perusahaan / Manajer Pemasaran / Manajer Pengadaan Barang untuk selalu mencari peluang yang dapat memberikan efisiensi kepada perusahaan.

Demikian undangan / penawaran Kerjasama Bisnis Online ini kami buat, semoga para Juragan Penghasil Jasa dan Barang berminat untuk memanfaatkan jasa bisnis online Dunia Bahan Bangunan Bandung (DB3). Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.

Salam DB3


H. MS Malin Ameh