PERALATAN KERJA TUKANG



Alat atau Perkakas (tools) adalah benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Beberapa contoh alat adalah palu, tang, gergaji, dan cangkul. Beberapa benda sehari-hari seperti garpu, sendok dan pensil juga termasuk alat. Pisau merupakan salah satu alat yang diciptakan manusia. Alat-alat yang secara khusus digunakan untuk keperluan rumah tingga sering disebut sebagai perkakas.

keberhasilan sebuah proyek dari segi sumber daya manusia merupakan keberhasilan gabungan dari berbagai macam profesi yang saling mendukung sehingga tercipta sebuah hasil yang sesuai dengan harapan. dalam sebuah proyek bangunan akan dikenal berbagai macam profesi yang salah satunya adalah tukang bangunan, seringkali keberadaan tukang bangunan ini diabaikan sehingga hanya menganggapnya sebagai robot yang siap bekerja dengan upah yang telah disediakan, hal ini tentu akan sangat berbeda hasilnya jika manajemen proyek dapat memperlakukan seorang tukang bangunan sebagai manusia yang sesungguhnya.

Tak kenal maka tak sayang, untuk mengetahui bagaimana seorang tukang bangunan dapat bekerja dengan baik maka akan lebih baik jika kita mengenalnya terlebih dahulu, berikut ini beberapa uraian tentang tukang bangunan.
  1. Seorang tukang bangunan dengan gaji terbatas tentu akan melakukan penghematan dalam membiayai kebutuhan keluarganya sehari-hari agar cukup untuk biaya hidup, jadi akan lebih baik jika selain memberi gaji harian maka  seorang manajemen hendaknya mengenal betul tentang keluarganya seperti memberikan beasiswa pada anaknya saat kenaikan kelas, membelikan baju saat lebaran, memberikan pengobatan ketika keluarganya sakit, jika ini dilakukan maka apa yang dianggap kecil oleh manajemen perusahaan sebenarnya selalu dikenang oleh tukang bangunan sehingga membuatnya bekerja giat dengan ikhlas tanpa dipantau atau paksaan.
  2. berikan pelatihan sesuai dengan kemampuan seorang tukang bangunan, karena disamping meningkatkan kemampuan tentu hal ini dapat membuat seorang tukang bangunan mampu bekerja lebih cepat dan profesional.
  3. Kondisikan suasa proyek senyaman mungkin misalnya dengan menyediakan kamar mandi khusu pekerja, barak pekerja yang bagus disertai dengan taman-taman sehingga membuat suasana kerja menjadi menyenangkan serta siap berkarya dengan maksimal.
  4. Adakan pendidikan kerohanian sehingga pekerja dapat merasakan sebuah ketenangan pikiran, hal ini tentu besar pengarauhnya terhadap motivasi kerja serta keselamatan kerja dilapangan.
  5. Berikan penghargaan kepada tukang bangunan berprestasi sehingga memacu semua pekerja untuk bekerja lebih baik, misalnya penghargaan tukang batu terbaik mendapat hadiah X dll.
  6. kenali sedalam mungkin seorang tukang bangunan, seringkali seorang project manajer kurang berkenan untuk berdekatan dengan seorang tukang bangunan dengan berbagai alasan seperti menjaga wibawa, tidak selevel dan sebagainya yang sebenarnya justru kurang mendukung suasana kerja proyek.
  7. silahkan ditambahkan hal-hal lain tentang tukang bangunan