PT SEMEN INDONESIA, TBK




Pada tanggal 20 Desember 2012, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan, resmi mengganti nama dari PT Semen Gresik (Persero) Tbk, menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penggantian nama tersebut, sekaligus merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan terbentuknya Strategic Holding Group yang ditargetkan dan diyakini mampu mensinergikan seluruh kegiatan operasional dan memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki untuk menjamin dicapainya kinerja operasional maupun keuangan yang optimal.
Setelah memenuhi ketentuan hukum yang berlaku, pada tanggal 7 Januari 2013 ditetapkan sebagai hari lahir PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Dengan terbentuknya induk perusahaan ini, maka PT Semen Indonesia (Persero) Tbk akan menjadi induk usaha dari Thang Long Cement, PT Semen Padang, PT Semen Gresik, dan PT Semen Tonasa.
Perseroan menggunakan nama Semen Indonesia dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang krusial, mencakup:
  1. Nama tersebut bisa merefleksikan ambisi dari grup.
  2. Merangkul karakteristik nasional dari perusahaan yang mencakup ketiga OpCo
  3. Melalui nama tersebut sejarah dan tradisi tetap dihormati
  4. Melalui nama Semen Indonesia, seluruh Opco tetap dapat menggunakan keberadaan merek eksisting secara optimal, mengingat pengenalan merek baru akan sangat menyita waktu dan biaya. Perseroan juga telah mempertimbangkan bahwa nama Semen Indonesia sangat sejalan dengan sasaran pembentukan Holding dari berbagai aspek, mencakup:
  5. Kemampuan untuk meningkatkan Sinergi:
  1. Sesuai dengan positioning anak-anak perusahaan yang bergerak dalam bidang persemenan.
  2. Merefleksikan Holding yang lebih besar dan melambangkan ke- Indonesiaan.
  3. Dapat memayungi anak-anak perusahaan persemenan yang berada di lokasi geografis yang berbeda (Gresik, Tonasa, dan Padang)
  4. Dapat diterima dengan mudah di lingkup Internasional ataupun Dalam negeri
  1. Kemudahan Implementasi:
  1. Tidak menimbulkan perubahan berarti yang mungkin mempengaruhi tahapan- tahapan pembentukan strategic holding.
  2. Mencerminkan gerakan perubahan ke arah strategic holding sebagai gerakan nasional / Indonesia.
  1. Meningkatkan potensi pemasaran dan pertumbuhan
  1. Masing-masing merk eksiting (Semen Gresik, Semen Tonasa dan Semen Padang) tetap tumbuh dan eksis sebagai merk yang kuat di Indonesia.
  2. Pada masa mendatang, nama Semen Indonesia dapat menciptakan kebanggaan nasionalis; menghilangkan asosiasi dengan spesifik daerah.
  3. Kemungkinan lebih bisa diterima oleh potensial target merger dan akusisi (perusahaan Semen BUMN lainnya).
  4. Komplemen dari struktur strategic holding
  5. Menambah keberadaan di pasar regional dan internasional
  6. Selaras dengan aspirasi menjadi pemain regional kelas atas Pembentukan Semen Indonesia sebagai Strategic Holding, akan memberikan keleluasaan dalam merealisasikan berbagai aksi korporasi, menyangkut: akuisisi, financing, pengembangan bisnis terintegrasi dengan industri semen, akuisisi lahan dalam rangka persiapan pembangunan pabrik baru dan sebagainya.